Kami Mencoba Menjadi Social Enterprise

Social Enterprise adalah organisasi atau lembaga yang mengaplikasikan strategi memaksimalkan perbaikan bagi manusia dan lingkungan hidup di sekitarnya, atau dengan kata lain juga termasuk memberikan dampak sosial disamping hanya berupa keuntungan bagi para pemegang saham.

Tujuan yang berbeda dengan perusahaan pada umumnya yang hanya mementingkan  keuntungan secara finansial, meskipun beberapa perusahaan sudah menjalankan misi sosial melalui Corporate Social Responsibility (CSR) namun masih pada konteks meningkatkan nilai perusahaan yang tetap bermuara pada keuntungan finansial. Social Enterprise lebih pada mendorongkan komitmen mereka dalam memberikan dampak sosial bagi masyarakat maupun lingkungan yang menjadi misi bisnis mereka. Beberapa social enterprise bahkan ada yang tidak memberikan keuntungan finansial pada investornya  dan mereka hanya memiliki kepercayaan kepada social enterprise tersebut untuk memberikan dampak sosial yang besar bagi lingkungan sekitarnya.

Dikarenakan visinya lebih pada proses perbaikan sosial dan lingkungan maka seringkali persepsi publik mengarahkan social enterprise sebagai organisasi non-profit. Persepsi yang keliru ini wajar terjadi karena tujuan sosial memang menjadi orientasi dari social enterprise.

PT. Universal Prioritas Mandiri mencoba menjadi sebuah social enterprise. Skema kepemilikan modal yang tersinergikan dengan Koperasi Kredit Wiwit Kamulyan menjadi dasar modal dari social enterprise. Anggota koperasi kredit Wiwit Kamulyan yang berasal dari berbagai komunitas miskin kota dan miskin desa ini mencoba memberikan peluang bagi mereka untuk merasakan berinvestasi dan mendapatkan return dari kegiatan investasi mereka.  Selain itu, produk – produk komunitas yang ikut menjadi investor juga disambut baik menjadi produk yang diperjual belikan di minimarket UPMart.

Di sisi tujuan lingkungan hidup, PT. Universal Prioritas Mandiri juga mencoba memperjual belikan produk – produk ramah lingkungan yang menggunakan perlakuan organik dan alamiah. Proses control system perlakuan organik dan alamiah oleh supplier – supplier PT. Universal Prioritas Mandiri dilakukan melalui kerja sama dengan Yayasan INISIATIF.  Keterlibatan yayasan INISIATIF selain menjadi organisasi quality control juga sebagai partner dalam memberikan peningkatan kapasitas baik untuk individu maupun untuk komunitas yang menjadi stakeholder PT. Universal Prioritas Mandiri.

Begitulah konsep Social Enterprise yang menjadi desain kerja dari PT. Universal Prioritas Mandiri.  Mari bergabunglah bersama kami mewujudkan perubahan sosial yang menjadi lebih baik !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *